Evaluasi Kegiatan Techno Corner Tahun 2018 dan Persiapan Techno Corner Tahun 2019

Untuk mengevaluasi jalannya penyelenggaraan Techno Corner pada Pameran Pembangunan Provinsi Bali Tahun 2018, Diskominfos Provinsi Bali mengundang seluruh Perguruan Tinggi di Bali dalam rapat evaluasi pada hari Jumat Tanggal 16 Nopember 2018 bertempat di Ruang Video Conference Diskominfos Provinsi Bali.

Dalam rapat yang dihadiri oleh perwakilan dari Undiksha, Politeknik Negeri Bali, IHDN, Universitas Mahasaraswati, Universitas Warmadewa, STIKOM Bali serta perwakilan Miss Internet Bali 2018, dibuka oleh Kepala Bidang Statistik Diskominfos Prov Bali, Dewa Rai Rustina. Rapat diawali dengan pemaparan dari Kasi Layanan Informasi Diskominfos Prov Bali, I Putu Sundika terkait tentang kilas balik penyelenggaraan Techno Corner pada Tahun 2018. Putu juga menjelaskan sedikit terkait tentang sejarah Diskominfos yang baru terbentuk pada awal Tahun 2017 lalu. Pameran Pembangunan adalah sebuah kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Provinsi Bali untuk menunjukkan kepada masyarakat hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai oleh Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten Kota. Mulai Tahun 2017, Pameran Pembangunan Provinsi Bali yang sebelumnya diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan, untuk kali pertama diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Prov Bali. Mengingat Diskominfos sangat identik dengan unsur teknologi informasi dan internetnya (TIK), penyelenggaraan pameran pembangunan di Tahun 2017 dengan mendemokan penggunaan teknologi Video Conference di 2 titik yaitu Ruang Vidcon Diskominfos Prov Bali dan Ksirarnawa Art Center Denpasar. Penggunaan teknologi Vidcon ini dimungkinkan dengan adanya kerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Bali dan Miss Internet Bali (MIB) yang saat itu menjadi moderator dari kegiatan talkshow.

Diskominfos Prov Bali pada Tahun 2018 ini, kembali menambahkan inovasi baru dalam kegiatan Pameran Pembangunan Provinsi Bali yaitu Techno Corner. Kegiatan Techno Corner 2018 diawali dengan diskusi dan penajaman bersama beberapa Perguruan Tinggi waktu itu. Techno Corner 2018 digelar dalam bentuk Talk Show dimana narasumber adalah dari kalangan Perguruan Tinggi, yang menyampaikan produk unggulan di kampusnya masing-masing. Sedangkan MIB 2018 kembali didaulat untuk menjadi host dari masing-masing sesi Talk Show. 

PPTK Pameran Pembangunan Provinsi Bali Tahun 2018 , Dayu Tantri, dalam rapat juga menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga dalam pelaksanaan pameran pembangunan yang sudah lewat sudah berjalan dengan baik. Mengenai beberapa kelemahan khususnya dalam penyelenggaran Techno Corner, Dayu Tantri menyampaikan permaklumannya, dikarenakan Techno Corner 2018 adalah kegiatan kali pertama diadakan sehingga tentunya masih banyak terdapat kekurangan. Namun Dayu percaya dengan sinergitas yang baik oleh semua stakeholder terutama dari pihak Perguruan Tinggi, tentunya ke depan pelaksaaan Techno Corner akan menjadi semakin baik.

Kepala Dinas Kominfos Prov Bali, Nyoman Sujaya yang juga berkesempatan hadir dalam rapat menyampaikan kepada peserta rapat bahwa ke depannya, sinergitas antara Diskominfos dengan Perguruan Tinggi sangat diharapkan. Visi Gubernur Bali “Sat Kerthi Loka Bali” diharapkan juga terimplementasi di Perguruan Tinggi dengan semakin banyaknya produk-produk unggulan dari kampus yang membawa budaya Bali sebagai nafas. Pembuatan game interaktif berbasis mobile tentang membuat Gebogan, belajar menari, belajar Rindik, adalah contoh – contoh karya yang sangat luar biasa yang sudah berhasil dihasilkan oleh kampus sebagai sebuah produk inovatif mengusung tema lokal budaya Bali. Sujaya juga mengajak kepada pihak kampus untuk tidak ragu-ragu untuk datang dan bersinergi dengan Diskomninfos Prov Bali terutama terkait dengan kegiatan-kegiatan yang mungkin membutuhkan dukungan dari Diskominfos. 

Seluruh peserta rapat menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan techno ini dan berharap Techno Corner dapat berlanjut kembali di Tahun depan. Namun demikian peserta juga menyampaikan usul untuk lebih memantapkan lagi kegiatan Techno Corner ini dengan cara agar kegiatan lebih disosialisasikan lagi sehingga jumlah peserta yang ikut bisa lebih banyak lagi. Publikasi ke seluruh media juga sangat diharapkan oleh peserta mengingat ini bisa juga menjadi ajang promosi yang baik.

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”114″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_thumbnails” override_thumbnail_settings=”1″ thumbnail_width=”240″ thumbnail_height=”160″ thumbnail_crop=”1″ images_per_page=”20″ number_of_columns=”0″ ajax_pagination=”0″ show_all_in_lightbox=”0″ use_imagebrowser_effect=”0″ show_slideshow_link=”0″ slideshow_link_text=”[Show slideshow]” template=”/home/diskominfos/web/diskominfos.baliprov.go.id/public_html/wp-content/plugins/nextgen-gallery/products/photocrati_nextgen/modules/ngglegacy/view/gallery.php” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]

Leave a Reply