Juara 1 Kategori Lomba Blog MTF 2019 di Numpang Nampang RRI Pro 2

Senin (2/12), Numpang Nampang RRI Pro 2 Denpasar diisi oleh Juara 1 Lomba Blog dalam Lomba Teknologi Informasi Nangun Sat Kerthi Loka Bali Mileniall Techno Fiesta (MTF) 2019 yaitu I Wayan Widyartha Suryawan. Blog karya Suryawan berjudul Suara Saking Bali, Merawat Bahasa Ibu.

Blog ini bercerita tentang dedikasi Putu Supartika seorang penulis Sastra Bali Modern (SBM) berusia 25 tahun . Atau disebutnya sebagai seorang pendekar Sastra Bali Modern. ia  bertindak langsung sebagai  penulis, pemimpin redaksi, perangkum naskah, editor, ilustrator, marketing, hingga distributor majalah Suara Saking Bali yang terbit dengan format digital (.pdf). Website dan majalah yang dikelola Putu berisi berbagai kakawian (karya tulis) berbahasa Bali seperti esai, puisi, geguritan, satua Bali, satua masambung, hingga kartun. Melalui website dan majalah tersebut, pembaca dapat melihat karya dari sastrawan Bali senior macam Gde Dharna, Made Sanggra, Djelantik Santha – untuk menyebut sejumlah nama – hingga sastrawan Bali terkini seperti Made Sugianto, Made Suar-Timuhun, dan lainnya.

Mengawali pembicaraan Suryawan mengaku ikut lomba MTF 2019 Kategori Blog ini berawal dari keisengan. ”Awalnya ikut lomba ini hanya iseng aja,  jadi tidak ada persiapan khusus yang saya siapkan,” katanya.

“Saya menulis konten blog ini H-1 sebelum pendaftaran ditutup dan secara umum tidak ada kendala dalam penulisan blog ini. Saya menulis apa yang saya tahu, bukan mencari-cari yang tidak saya tahu,” tambahnya.

Untuk menguatkan suatu gagasan, referensi sangat diperlukan dalam penulisan konten. Suryawan menyadari hal tersebut sehingga beberapa referensi dicantumkannya pada tulisan. “Saya mencari beberapa referensi tentang bagaimana eksistensi bahasa daerah di beberapa daerah di Indonesia. Data itu saya masukan sebagai penunjang pada tulisan, agar tulisan saya tidak semata-mata berasumsi tapi ada data yang menguatkan gagasan dalam tulisan,” terangnya.

Terakhir suryawan berbagi tips untuk menjadi seorang blogger haruslah rajin dan rutin untuk meng-update blog. “Yang terpenting untuk menjadi blogger kita harus rajin menulis. Web harus secara rutin update, kontennya juga harus punya tema yang konsisten misalnya sebagai blogger fashion, blogger traveler atau lainnya. Karena blogger bisa jadi profesi yang menghasilkan, misalnya lewat endorse dari perusahaan yang sesuai dengan tema blog kita,” imbuhnya.