Dekranasda Provinsi Bali Lakukan Pembinaan Di Kota Denpasar

Dewan Kerja Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali melakukan pembinaan di Kota Denpasar yang bertempat di Ruang Rapat Dekranasda Kota Denpasar (1/3). Pembinaan ini dihadiri oleh Ketua Harian Dekranasda Provinsi Bali, Ir. Putu Astawa, MM, Sekretaris Dekranasda Provinsi Bali, Drs. I Komang Wardianto Astika, Anggota Bidang Daya Saing Dekranasda Provinsi Bali, I.G.M. Arsawan, Kepala Seksi Pengembangan Industri Disperindag Provinsi Bali, Nyoman Suarcayasa yang diterima oleh Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Denpasar, I Made Saryawan dan Kepala Bidang Aneka Kreatif Kota Denpasar, Ida Ayu Citrawati.

“Dalam membina IKM yang ada di Kota Denpasar adalah tanggung jawab bersama, dalam pembinaan ini kami berkoordinasi dengan OPD terkait. Tiap tahunnya kami membina 30 pengrajin di Kota Denpasar dengan cara memfasilitasi dan mensupport melalui event-event pameran, contohnya :lomba duta endek, yang melestarikan endek. Kami juga berupaya untuk memamerkan produk – produk IKM dalam suatu event. Pembinaan kali ini dihadiri oleh 15 pengrajin, dan kami berharap untuk arahan dan motivasi dari Tim Dekranasda Provinsi Bali” ujar I Made Saryawan.

Ir. Putu Astawa,MM melihat dari segi ekonomi, Denpasar sudah memiliki peningkatan yang cukup bagus. Dalam peningkatan ini perlu adanya daya saing yang tinggi, dimana daya saing yang tinggi terdapat beberapa factor yaitu, keunggulan produk, kualitas produk, layanan dan teknologi  yang digunakan untuk pemasaran. 

I.G.M Arsawan menambahkan jika kerajinan di Bali khusunya Kota Denpasar  ingin maju, harus memiliki daya saing yang tinggi. “Permasalahannya adalah bagaimana kita bisa mengubah mindset industry pengrajin yang tinggi untuk menarik minat konsumen, dan kita berdiskusi disini tidak hanya membicarakan tentang bahan baku dan modal saja”

Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab antara Tim Dekaranasda Provinsi Bali dengan 15 pengrajin yang hadir dalam pembinaan ini. PT Bali Sari dengan produk Kosmetik yang dikelola oleh Arsa Adnyana berharap agar pemerintah dapat mengedukasi masyarakat untuk mencintai produk lokal Bali dan mohon untuk memfasilitasi kegiatan Bimtek atau pelatihan dengan teknik pemasaran masa kini. Gede Artana, Bali Anugrah memberikan masukan agar jadwal dari pameran diberikan jauh sebelum diadakan agar kami tidak kewalahan untuk memproduksi.

“Untuk mengimplementasikan Pergub Nomor 99 Tahun 2018, agar perusahaan yang ada di Bali harus membeli produk lokal Bali, tidak hanya perusahaan, masyarakat di Bali pun harus memproteksi diri untuk meningkatkan perekonomian di Bali. Untuk filosofi produk setidaknya harus ada untuk menarik minat konsumen. Selain itu, Gubernur Bali rencananya akan membuat suatu tempat untuk digunakan sebagai pusat dari kesenian yang dibuat oleh pengrajin di Bali” Putu Astawa menambahkan.

Nyoman Suarcayasa menjelaskan terkait bimtek yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 – 13 Maret 2019, digunakan sebagai bimtek untuk menerima saran dan masukan dari Kabupaten/Kota yang akan dipertimbangkan untuk kegiatan di Tahun 2020. Terkait kegiatan Pesta Kesenian Bali akan diadakan Forum Grup Diskusi yang bertempat di Disperindag Provinsi Bali untuk menentukan kesiapan dan syarat-syarat peserta pameran PKB. “Gubernur Bali juga merencanakan agar peserta pameran PKB akan ditambah dari tahun sebelumnya, dan mohon untuk pengrajin yang ingin ikut di pameran PKB setidaknya papan nama harus bertuliskan aksara Bali untuk mengimplementasikan Pergub Nomor 80 Tahun 2018 serta untuk mengurangi sampah plastik, pameran PKB ini sangat menekankan kepada peserta pameran untuk tidak menggunakan plastik untuk kemasan produknya. Dekranasda Provinsi Bali juga akan merencanakan untuk Pameran yang dekorasinya untuk Kabupaten/Kota akan diseragamkan agar tidak terjadi kesenjangan social antar peserta.

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”153″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_thumbnails” override_thumbnail_settings=”1″ thumbnail_width=”200″ thumbnail_height=”160″ thumbnail_crop=”1″ images_per_page=”20″ number_of_columns=”0″ ajax_pagination=”0″ show_all_in_lightbox=”0″ use_imagebrowser_effect=”0″ show_slideshow_link=”0″ slideshow_link_text=”[Show slideshow]” template=”/home/diskominfos/web/diskominfos.baliprov.go.id/public_html/wp-content/plugins/nextgen-gallery/products/photocrati_nextgen/modules/ngglegacy/view/gallery.php” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]

Tinggalkan Balasan