Sekda Dewa Made Indra Hadiri “Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!)

Denpasar – Sekda Dewa Made Indra apresiasi penyelenggaraan acara Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB, serta berharap kolaborasi yang telah terjalin dengan baik ini bisa tetap sinergis dan berkelanjutan demi perbaikan kualitas pelayanan publik. Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya saat menghadiri acara Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang diadakan di Ruang Rapat Sabha Adhyasta Utama, Inspektorat Daerah Provinsi Bali, Jumat (14/6).

“Terkait pengelolaan pengaduan, Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo mengamanatkan untuk memberikan pelayanan publik yang menekankan pada kecepatan, inovatif dan berorientasi pada hasil. Pengaduan merupakan salah satu elemen utama dalam percepatan perbaikan pelayanan publik dimana pengaduan menjadi sarana bagi masyarakat untuk berpartipasi secara aktif dalam proses perbaikan pelayanan publik melalui penyampaian aspirasi, saran dan pengaduan” jelasnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Provinsi Bali sudah menerbitkan Surat Keputusan Gubernur Bali Nomor 310/03-E/2024 tentang Pembentukan dan Susunan Keanggotaan Tim Koordinasi SP4N-LAPOR! di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali. Berdasarkan regulasi tersebut penguatan perubahan pengelolaan serta struktur yang baru dapat kami sesuaikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Gede Pramana yang hadir sebagai narasumber menjelaskan tentang tantangan umum, kiat – kiat serta langkah strategis kedepan pengelolaan pengaduan yang efektif dan responsif. Ia juga menegaskan salah satu dukungan Pemerintah Provinsi Bali terhadap aplikasi SPAN-LAPOR! yaitu adanya Layanan Free Wifi di 2.303 titik di seluruh Bali sebagai media promosi program-program pembangunan Pemerintah Pusat maupun Daerah dengan strategi Login berupa Pop-Up maupun Landing Page, sehingga masyarakat atau pengguna Free Wifi mendapatkan informasi layanan publik termasuk SP4N LAPOR!

“Untuk penyebarluasan informasi publik, bukan hanya melalui media sosial dan website, Pemerintah Provinsi Bali melalui Diskominfos juga bekerjasama dengan media mainstream dan media online untuk bersama – sama menyebarkan informasi program dan kegiatan pemerintah, demikian pula kegiatan dan program SP4N -LAPOR! di Bali,” tegas Gede Pramana.

Turut hadir dalam acara Monev tersebut, Sub-Koordinator Pelaksanaan dan Monitoring Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Kemen PANRB, Bapak Rosikin, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Badung , Sekretaris Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota Sumatera Selatan, NTB, NTB, Maluku, dan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Bali.

Tindak lanjut dari Monev tersebut, Dinas Kominfos berkoordinasi dengan Inspektorat Provinsi Bali sebagai bentuk kolaborasi meningkatkan pengelolaan SP4N- LAPOR di Bali dan khususnya mempersiapkan Monev Tahun 2024.