Rencana Implementasi TTE di Pemkab Jembrana

Dinas Kominfo Kabupaten Jembrana mengunjungi Dinas Kominfos Provinsi Bali pada hari Kamis Tanggal 07 Januari 2021 untuk bersinergi dalam penerapan SPBE serta rencana implementasi TTE secara menyeluruh di Pemkab Jembrana. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jembrana Made Gede Budhiarta, SSTP, M.Si bersama Kabid Infrastruktur dan staf, diterima oleh Kadis Kominfos Prov Bali Gede Pramana bersama Sekdis Yupi Wahyundari, Kabid Infrastruktur dan Aplikasi Informatika Agus Tangkas serta Kabid Persandian I Putu Sundika.

Selain untuk menjalin tali silahturahmi di awal Tahun 2021 ini, maksud kunjungan kali ini adalah untuk bersinergi dalam implementasi SPBE. Kadis Kominfo Jembrana Gede Budhiarta menyampaikan bahwa Pimpinan berkeinginan untuk melakukan implementasi teknologi informasi lebih masif lagi di Kabupaten Jembrana dimana salah satunya harapan untuk bisa segera menerapkan sistem persuratan elektronik serta implementasi Sertifikat Elektronik untuk tanda tangan elektronik di lingkup Pemkab Jembrana. Aplikasi e-OFFICE yang ada di Pemerintah Provinsi Bali saat ini menjadi rujukan utama untuk dapat ditiru bisnis prosesnya dan jika memungkinkan untuk bisa berintegrasi sehingga pada akhirnya pengiriman surat dari Kabupaten Jembrana ke Provinsi atau sebaliknya menjadi lebih mudah lagi. Saat ini pihaknya tengah memproses penerbitan TTE untuk seluruh pejabat di Pemkab Jembrana dan diharapkan dalam waktu dekat ini semua TTE sudah bisa digunakan.

Kadis Kominfos Prov Bali Gede Pramana menyambut baik rencana penerapan aplikasi e-OFFICE di Pemkab Jembrana karena tentunya akan membuat persuratan menjadi paperless , lebih cepat, mudah, tersimpan rapi di database, apalagi ditambah dengan penggunaan TTE pada setiap surat yang diterbitkannya sehingga menjadi lebih secure. Gede Pramana disela-sela diskusi, langsung mendemokan aplikasi e-OFFICE dan TTE yang ada di Pemprov Bali, serta beberapa aplikasi yang sudah dibangun secara mandiri oleh Dinas Kominfos Prov Bali melalui tim SPBE. Ia juga mengingatkan bahwa saat ini TTE dari BSrE sudah tidak lagi menggunakan p12 manual seperti biasa namun sudah menggunakan e-sign dimana file sertifikat disimpan di cloud BSrE.