Numpang Nampang RRI Pro 2 Denpasar 95.3 FM – Techno Corner

Edisi Senin 28 Januari 2018, Diskominfos Prov Bali mengajak STIKOM Bali untuk mengisi acara Numpang Nampang di RRI Pro 2 Denpasar FM 95.3.  Acara On Air ini rutin dilakukan di RRI Pro 2 Denpasar setiap hari Senin mulai pukul 17.00 sampai dengan 18.00 WITA. Numpang Nampang edisi Techno Corner ini masih mengusung topik terkait karya kreatif dan inovatif generasi muda Bali.

STIKOM Bali dalam kesempatan ini menyampaikan sebuah produk yang inovatif yaitu implementasi Internet of Things (IoT) pada pengolahan biogas. Seperti diketahui Bio Gas ini dihasilkan oleh kotoran hewan dalam hal ini diambil dari kotoran ternak sapi dari sebuah kelompok Simantri. Walaupun produknya masih berupa sebuah prototipe, namun produk ini sudah mampu mengimplementasikan teknologi informasi untuk melakukan kontrol terhadap ruang pengolahan bio gas. 

IoT saat ini sudah semakin sering kita dengar. IoT adalah muncul akibat adanya koneksi internet secara kontinyu. Koneksi ini kemudian dimanfaatkan untuk bisa membantu berbagai hal dalam kehidupan manusia. Teknologi informasi adalah sebuah teknologi yang bisa diterapkan di seluruh bidang kehidupan.  Hal ini membuat generasi muda yang mempunyai latar belakang TIK yang baik dapat membantu menghasilkan karya inovatif dalam bidang apapun tentunya bekerjasama dengan pihak-pihak yang memang berkecimpung langsung di sana. Ke depan diharapkan produk-produk inovatif ini agar terus dikembangkan oleh pihak kampus sehingga bisa segera diimplementasikan di masyarakat.

Rekaman bisa didengarkan di sini

Leave a Reply