Peningkatan SDM Admin PPID Pemerintah Provinsi Bali Melalui Bimtek, Menuju Keterbukaan Informasi

Selasa (16/2) Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistika (Diskominfos) Provinsi Bali menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) admin PPID, yang dilaksanakan secara virtual/daring. Bimtek diikuti oleh seluruh PPID Pembantu dan admin SiKI (siki.baliprov.go.id).  Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pelayanan serta kualitas informasi kepada masyarakat masyarakat.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Diskominfos Prov. Bal, Putu Yupi Wahyundari, SH, MH menyampaikan bahwa Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik tentunya memberikan dampak terhadap sistem manajemen dan tata kelola lembaga – lembaga publik, khususnya mengenai pola kerja dan aliran data serta informasi antar unit kerja di lembaga publik masing – masing. Oleh karena itu, tanpa adanya koordinasi dan komunikasi dalam rangka mengelola data, informasi dan dokumentasi, mustahil kinerja lembaga dalam memberikan pelayanan informasi publik dapat berjalan dengan baik. PPID selaku garda terdepan dalam hal pelayanan informasi publik dengan dasar Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik diharapkan mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Hadir sebagai moderator adalah oleh Drs. Ida Bagus Ketut Agung Ludra, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi, dan Informatika dan Statistik Prov. Bali. Pada Bimtek hari ini, disampaikan mengenai bagaimana cara untuk menjaga kualitas pengelolaan dan pelayanan informasi oleh PPID Provinsi Bali, serta peningkatan pengetahuan admin pada aplikasi SiKI (Sistem Keterbukaan Informasi). Hal ini disampaikan oleh narasumber I Putu Sundika, ST., MT, Kepala Bidang Persandian, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Statistik Prov. Bali.

Pada kesempatan ini pula, PPID Utama Kabupaten/Kota se-Bali yang diwakili oleh Dinas Komunikasi dan Informatika selaku PPID Utama berkesempatan hadir bersama Komisi Informasi (KI) Provinsi Bali yang baru terpilih pada periode tahun 2021 s.d 2025. Pada Kesempatan ini Ketua KI beserta anggota memperkenalkan diri kepada seluruh peserta terutama PPID Kabupaten /kota yang menjadi mitra kerja.  Kedepan diharapkan PPID lebih ditingkatkan serta  menjalin kerjasama dan pertukaran informasi oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistika Kabupaten/Kota terkait pembangunan Visi Gubernur Bali yaitu “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru. Harapan dari Bimtek ini  pula, pengetahuan mengenai Aplikasi SiKI di masing-masing OPD yang telah mengalami pergantian admin dapat mengalami peningkatan.

Bapak Drs. Ida Bagus Ketut Agung Ludra selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik sekaligus Pemimpin Rapat Bimbingan Teknis menyampaikan bahwa ujung tombak dari pemanfaatan SiKI berada di PPID Utama sebagai pelayan dan penyalur informasi di Provinsi Bali, sehingga diharapkan untuk seluruh OPD beserta staf admin SiKI melakukan like dan share semua informasi pada postingan di website PPID Provinsi Bali dan website Provinsi Bali untuk penyebaran informasi khususnya pada saat ini dimana masyarakat sangat memerlukan informasi dan edukasi mengenai penanganan COVID-19 beserta vaksinnya.