Lanjutkan Sosialisasi Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai, Diskominfos Bali Kunjungi Pasar Galiran, Klungkung

Melanjutkan Sosialisasi Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Provinsi Bali kembali mengunjungi pasar-pasar di seluruh kabupaten/kota di Bali. Kali ini Pasar Galiran di Kabupaten Klungkung yang menjadi tempat Sosialisasi Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai pada Rabu (15/6). Tim yang dikoordinatori oleh Ida Bagus Made Sutresna mulai melakukan kegiatan sosialisasi Pukul 06.00 Wita. Agenda acara sosialisasi masih sama seperti di kabupaten lain, yakni mengingatkan masyarakat akan pentingnya mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai serta membagikan tas belanja ramah lingkungan secara gratis sebanyak 100 tas sebagai stimulan kepada masyarakat agar perlahan beralih dari tas plastik ke tas ramah lingkungan.

Ida Bagus Made Sutresna selaku koordinator tim menargetkan akan melakukan sosialisasi serupa di seluruh kabupaten/kota di Bali, mengingat tingginya animo masyarakat di pasar-pasar untuk mengurangi penggunaan tas plastik dengan menukarkan tas belanjanya yang berbahan plastik dengan tas ramah lingkungan. Hal tersebut terlihat dari begitu cepatnya tim Diskominfos Bali kehabisan tas belanja ramah lingkungan karena diserbu pengunjung Pasar Galiran yang ingin menukarkan tas plastiknya.“Melihat tingginya animo masyarakat, kedepan kami dari Tim Diskominfos Bali berencana akan mengunjungi seluruh pasar-pasar di Bali. Kami memilih pasar sebagai tempat sosialisasi karena masih banyak ibu-ibu yang belanja ke pasar menggunakan tas plastik,”ungkap Sutresna.

“Disini kita mulai dari hal kecil terlebih dahulu yakni mengganti tas belanja berbahan plastik yang setiap hari dipakai untuk berbelanja dengan tas ramah lingkungan yang akan kita bagikan. Selain tidak berbahan plastik, tas ramah lingkungan juga lebih kuat dan bisa dipakai berkali-kali.” imbuhnya. (AK)