Internalisasi Core Value ‘BerAKHLAK’ dan Employer Branding pada Seluruh ASN Diskominfos Bali

Selasa, 23 Nopember 2021 Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali melakukan internalisasi nilai Core Values ‘BerAKHLAH’ pada seluruh ASN bertepat di Ruang Rapat Sandat Diskominfos Provinsi Bali. Penguatan Core Values ASN Ber-AKHLAK dan Employer Branding ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kominfos Provinsi Bali, I Gede Pramana.

Sebelumnya Core values ini secara langsung telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Juli 2021 yang bertujuan sebagai bagian dari strategi akselerasi transformasi SDM aparatur dalam mendukung Reformasi Birokrasi sesuai dengan salah satu dari prioritas kerja presiden yaitu ‘Penyederhanaan Birokrasi’ melalui penyederhanaan birokrasi menjadi 2 (dua) level eselon dan peralihan jabatan struktural menjadi fungsional.

Dibentuknya kebijakan dan strategi penyederhanan birokrasi ‘ber-AKHLAK’ adalah guna mewujudkan Governance 4.0 melalui pelayanan publik yang prima dan berkelas dunia dengan melakukan transformasi organisasi, transformasi sistem kerja dan transformasi SDM. Nilai-nilai core value ‘Ber-AKHLAK’ ini terdiri dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

“Sejak awal tahun 2020 walaupun saat itu belum memprediksi akan dilanda pandemi Covid-19 namun Diskominfos Bali telah melakukan transformasi birokrasi dari manual atau konventional menuju ke arah transformasi digital melalui pembentukan tim SPBE, pembuatan aplikasi-aplikasi yang mendukung pelaksanaan birokrasi seperti e-Office hingga Penggunaan Tanda Tangan Elektronik”, ujar Pramana dalam paparannya

Sekretaris Dinas Kominfos Provinsi Bali, Yupi Wahyundari juga menyampaikan bahwa “Core Values ASN Ber-AKHLAK jangan hanya dibaca namun agar diaplikasikan untuk mencapai kesuksesan tugas kita bersama”.

Satu Core Values ASN ‘Ber-AKHLAK’ ini pada dasarnya telah mensarikan dan menyederhanakan nilai-nilai dasar ASN serta panduan-panduan perilaku yang sudah diatur sesuai dengan UU No. 5 Tahun 2014 dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Diharapkan dengan adanya Core Values ‘Ber-AKHLAK’ ini seluruh ASN dapat menyelaraskan perilaku sesuai dengan panduan perilaku Core Values untuk dapat bersama-sama membangun Employer Branding ASN kuat di masyarakat yaitu ‘ASN bangga Melayani Bangsa’. (Kar)