Dekranasda Provinsi Bali Melakukan Pembinaan Ke Pengrajin di Kabupaten Tabanan

Tabanan,Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) bersama Dinas Perdagangan dan Perindusterian Provinsi Bali melakukan pendampingan kerajinan industri, mulai dari hulu sampai hilir.

Rabu, 29 Mei 2019, Tim Dekranasda Provinsi Bali dan Dekranasda Kabupaten Tabanan melaksanakan pembinaan ke Pengrajin Binaan IKM di Kabupaten Tabanan. Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putri Suastini Koster dan Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Tjok Putri Haryani Ardhana Sukawati didampingi oleh Ketua Harian Dekranasda, I Putu Astawa serta Pengurus Dekranasda Provinsi Bali diterima langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya beserta beserta jajarannya.

Dekranasda Provinsi Bali beserta rombongan mengunjungi dan memberikan pembinaan ke-4 (empat) tempat Pengrajin Binaan IKM di Kabupaten Tabanan, yaitu :

1. Cemara Ceramic, Jalan. Penarukan, Kediri Tabanan.
2. Warna Warni, Br. Jambe Tabanan.
3. Pande Urip Wesi, Br. Batusangian Tabanan.
4. Mozaik Hindu Bali, Br. Delog Alang Marga Tabanan

Kabupaten Tabanan merupakan kabupaten pertama yg dikunjungi dan diberikan pembinaan. Dalam kesempatan ini, Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putri Suastini Koster, mengajak pengrajin agar mampu menghasilkan produk yang inovatif dan bisa bersaing di pasar nasional dan internasional. Selain itu, Ketua Dekranasda Provinsi Bali sangat mengapresiasi pengrajin untuk terus kreatif dan berinovasi dalam membuat design sehingga mampu meningkatkan pendapatan pengrajin.

“Dengan dikeluarkannya Pergub (Peraturan Gubernur) Bali Nomor 97 dan sesuai dengan visi misi Gubernur Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali, sehingga diharapkan setiap kabupaten/kota mempunyai branding sesuai dengan keunggulan daerah masing-masing dan diharapkan masyarakat Bali untuk mencintai produknya sendiri bahkan produk kerajinan Bali bisa sampai nembus ekspor. Dan apabila ekspor berjalan dengan lancar maka perekonomian terangkat dan tenaga kerja juga akan tertampung”, ujar Putri Suastini Koster disela-sela melakukan pembinaan di Kabupaten Tabanan.

Lanjut Putri Suastini Koster selaku Ketua Dekranasda Provinsi Bali, menegaskan bahwa komitmennya untuk mendorong pengrajin di Daerah Bali. Komitmen tersebut direalisasikan dalam kegiatan pembinaan serta bertemu langsung dengan pengrajin di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Bali.

 

Leave a Reply